Al-Qur'an

Jika anda menulis kata Quran di browser google, di pojok kanan anda akan menemukan jawaban sedikit informasi tentang quran. disitu disebutkan :

The Quran is the central religious text of Islam, which Muslims believe to be a revelation from God. It is widely regarded as the finest work in classical Arabic literature. The Quran is divided into chapters, which are then divided into verses.

Quran adalah teks religius utama dalam islam, yang Muslim yakini sebagai wahyu dari Allah. Hal ini secara luas dianggap sebagai karya terbaik dalam sastra Arab klasik. Quran dibagi menjadi bab-bab, yang kemudian dibagi menjadi ayat.

Apa itu al-Qur'an? 
Menurut Manna Khalil Qattan dalam Kitabnya Mabahist fill Ulum al-Quran dijelaskan bahwa Qur'an berasal dari kata Qara'a dalam bahasa Arab berarti mengumpulkan atau menghimpun, dan Qiro'ah berarti menghimpun huruf-huruf dan kata-kata satu dengan lainnya dalam satu ucapan yang tersusun rapi. Qur'an  adalah Infinitif (kata dasar) dari kata Qara'a, Qiro'atan, Qur'anan. Qur'an adalah Kalam Allah yang diturunkan kepada Muhammad SAW untuk di pelajari dan difahami isinya, diturunkan secara berangsur-angsur dimulai dengan Surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas.

Dengan Definisi ini, Kalam Allah yang diturunkan secara khusus sebagai nama bagi kitab yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. adapun kepada nabi-nabi selain nabi Muhammad SAW, tidak dinamakan Al-Qur'an: seperti Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa, Atau Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa. al-Quran adalah kitab suci umat islam yang berisi panduan hidup baik secara individu maupun kelompok. 
Qur'an menyebut dirinya dalam surat al-Qiyamah ayat 17-18

إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُۥ وَقُرْءَانَهُ  فَإِذَا قَرَأْنَٰهُ فَٱتَّبِعْ قُرْءَانَهُ

Artinya: "Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya (dalam dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya."

Qur'an adalah sebuah episteme yang menurunkan banyak ilmu pengetahuan mulai dari bahasa, cara bacanya apakah harus di baca tebal, tipis, panjang atau pendek,kapan harus berhenti, di posisi mana harus berhenti, kapan harus terus dibaca. pembagian surat, cara turunya: apakah saat musim panas apakah saat musim dingin, sejarah turunnya, bagaimana quran dibukukan, dan lain-lain.

Setiap jumlah ayat antara satu surat dengan surat mempunyai hubungan matematis yang menunjukkan kondisi tertentu. karena banyaknya ilmu pengetahuan yang bersumber dari Al-Qur'an maka para ilmuwan Qur'an adalah miracle. sebuah keajaiban!

Pelajaran yang berkaitan dengan Qur'an
Secara umum, untuk mempelajari Al-Qur'an Tahap pertama adalah:

Belajar Tilawah (membaca)
Tujuan tahapan ini adalah mempersiapkan diri agar dapat membaca Alqur’an dengan lancar. di tahapan ini adalah pengetahuan dasar meliputi pengenalan dan penguasaan huruf arab beserta makhrojnya, bacaan panjang/pendek, praktek sifat-sifat huruf (seperti qolqolah dan hams), bacaan dengung, pengenalan tanda waqof dan praktek pembacaan ayat-ayat pendek.

Tahap kedua : Tahsin (membaguskan bacaan)
Tujuan tahapan ini adalah bertujuan agar dapat memahami ilmu tajwid dan prakteknya secara baik. Di tahapan ini, Keberhasilan penguasaan praktek membaca Alqur’an dengan bertajwid lebih diperioritaskan daripada sekedar penguasaan teori.

Tahap ketiga: : Tahfidh (menjaga/menghafal)
Tahapan ini adalah tahapan menghafal Alqur’an.pada tahapan ini seyogianya dilakukan secara bertahap, jangan terburu buru, boleh juga di program untuk menghafal dengan target se umur hidup. artinya tidak perlu menargetkan diri harus menghafal seratus ayat setiap hari, atau satu ayat setiap hari. mulai saja dari semenjak sekarang, hafalkan semampu kita dan jaga hafalan tersebut. jika dirasa sudah mampu untuk menambah hafalan, segera tambahkan hafalan ke ayat berikutnya. Sampai pada tahap Tahfidz, di sela-sela waktu menambah hafalan kita semua bisa mempelajari tahap selanjutnya tentang ilmu-ilmu al-Quran di Lingkup Pembahasan ilmu Al-Quran Tahap Berikutnya

Setelah 3 tahapan ini baru kita akan belajar memahami tentang isi al-Qur'an. tentunya sebagai dasarnya adalah harus mengetahui bahasa Arab serta gramatisasi kalimat-kalimat dalam bahasa Arab. adalah ilmu-ilmu tertentu yang harus di kuasai sebelum menafsirkan alqur'an. anda bisa lihat di link berikut ini.

Pada umumnya, para ulama terdahulu, tidak akan memberikan pelajaran lain tentang Islam seperti ilmu hadist dan atau ilmu fiqih jika belum melewati tahap pelajaran al-Qur'an ini. demikian

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon